Sabtu, 10 Mei 2014

“Tak Terganti”


Oleh: Nadia


kring...kring...kring alarm mengganggu mimpiku di pulau kapuk.

Segera aku  terbangun dengan mata setengah terbuka, aku menguap lagi dan mendengar nyanyian bantal dan aku tertidur lagi, lagi lagi alarm membangunkanku, aku lupa mematikannya.

Benar benar mengganggu, alarm benar-benar manja, dia akan terus berbunyi kalau diacuhkan.

 Aku menyerah, akhirnya ku buka jendela kamarku, ku dengar burung bersiul, pohon pohon melambai menyapaku pagi ini ,pagi yang indah cuaca hari ini cukup baik. Semoga pasienku hari ini tidak benar-benar parah dan aku bisa mengatasi semua masalahnya.

Namaku Nina, umur 22 tahun, dengan tinggi 160 cm, kulit sawo matang, berkacamata, baru baru ini aku memakai pengaman gigi,penampilanku  kurang lebih seperti telenovela jaman dulu . seorang psikolog muda dan satu-satunya psikolog di sini . Tepatnya di kota yang berjuluk sebagai kota dodol, Kandangan. Tidak banyak yang ku ketahui tentang kota ini,tapi ini tempat menjadi kenangan yang belum menemukan akhir cerita.

Selasa, 06 Mei 2014

SEMINAR EKONOMI SYARIAH 2014



Kemiskinan, kesenjangan sosial, pendidikan dan kesehatan yang mahal, sistem perburuhan “outsourching”, riba, hutang luar negeri, korupsi , nilai tukar rupiah yang semakain melemah, krisis moneter, serta sumber daya alam yang semakin diprivatisasi asing  dan pemilik modal misalnya “Freepot”. 

Banyak permasalahan ekonomi yang terjadi dan akhirnya menyengsarakan rakyat. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin.

Buruh, Pendidikan, dan Cinta



Oleh: Agung Setiawan (@agungdospy)


Sadarkah kita, yang setiap harinya belajar ilmu ekonomi dan bisnis, ada sebuah elemen penting yang seringkali luput dari perhatian. Elemen yang eksis. Namun, karena letaknya yang mungkin hampir tak terlihat, menjadikannya tak banyak diperhatikan.

Orang-orang yang bekerja dengan amat keras

Pernah saya menyaksikan beberapa tayangan televisi, orang-orang dengan pakaian lusuh, muka kusut, dan rata-rata kurus, bekerja dengan ekstra keras. Barangkali saya juga pernah bertemu mereka di suatu tempat, dan mungkin pula bercakap-cakap. Pekerjaan mereka yang membutuhkan energi dari tubuh-tubuh mereka. Begitulah, dengan bekerja begitu, mereka disebut buruh.

Kazzam Harumkan Nama Fakultas Sampai ke Luar Pulau



BANJARMASIN—Tim Futsal Kazzam terbentuk sejak tahun 2007 silam. Sejak saat itu tidak ada yang menyangka ternyata tim futsal Kazzam yang membawa nama baik Fakultas Ekonomi & Bisnis UNLAM ini menorehkan banyak sekali prestasi. 

Pertandingan yang pernah diikuti antara lain Turnamen “Massindo” pada tahun 2014, “Kit The Champion” Kejuaraan Futsal Nasional Tingkat Perguruan Tinggi - Umum  memenangkan Juara 2 pada Mei 2013. “Borneo Kal-Sel” Tingkat Umum hanya bertahan sampai babak penyisihan. “STIMIK Kal-Sel” yang diadakan oleh STIMIK memenangkan Juara 1 Antar Perguruan Tinggi Kal-Sel, “BEM Fakultas Hukum” memenangkan juara 1, “Diesnatalis Unlam” memenangkan Juara 1 yang diadakan di FKIP UNLAM, Pertandingan Futsal “Gadjah Mada Econolympics” yang diadakan oleh UGM Yogyakarta memenangkan Juara 8 Tingkat Nasional, dan masih banyak lagi.

UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS DIGEMPARKAN SEBUAH MOBIL



BANJARMASIN - Jum’at (02/05) pukul 08.30 di halaman Gedung Rektorat Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) seperti tahun sebelumnya sebagai agenda rutin, kembali diadakan upacara dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). 

Peserta upacara adalah mahasiswa penerima beasiswa dan dosen dari seluruh fakultas di UNLAM. Walaupun cuaca agak mendung, lima belas menit sebelum upacara di mulai, halaman gedung rektorat dipenuhi kolaborasi warna kuning dari jas almamater kebanggaan mahasiswa dan warna biru dari seragam batik dosen. 

FSQ INGIN MEMBUMIKAN ISLAM DI FEB UNLAM



BANJARMASIN - Seperti unit kegiatan mahasiswa lainnya, FSQ (Forum Studi Qur’an) juga terlihat seringkali mengadakan kegiatan bersama anggotanya. Annisa, seorang Ketunis di FSQ, membenarkan dalam seminggu mereka memiliki berbagai kegiatan seperti Qur’an Learning Club, Smart Dialog, Tafsir Qur’an, belajar bahasa Arab dan berbagai kegiatan lain. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan memiliki tujuan-tujuan tertentu seperti saat Smart Dialog mereka ingin belajar bersama mencari solusi menurut ajaran islam dalam menghadapi beberapa isu terbaru.

“Sekarang banyak fakta yang masuk jadi sebagai lembaga dakwah kampus ingin menjelaskan ke mahasiswa tentang fakta islam dan solusi menurut islam,” tutur Annisa menjelaskan.

Fasilitas kampus “ELIT” dipertanyakan?



BANJARMASIN - Sebutan kampus elit tentu tidak asing ditelinga mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat (FEB UNLAM). Namun apakah sebutan itu sepenuhnya benar? Untuk itu kru Jurnal Kampus menelusuri berbagai fasilitas yang menjadi sumber keluhan mahasiswa. 

Salah satunya ruang 15, ruangan yang terletak di lantai 2 dengan kondisi gelap dan pengap akibat air conditioner (AC) serta kipas angin yang tidak berfungsi dengan baik. Bahkan kipas angin di ruangan ini sudah tidak memiliki baling-baling. Ironisnya ketika kita menengok jendela akan terlihat pandangan tidak indah akibat sampah.

Comments System

Disqus Shortname