Sabtu, 14 September 2013

Lagu Bangun Tidur Tidak Relevan Lagi



            oleh Wira Setiawan Koesasih
Anggota Bidang Produksi LPM Jurnal Kampus

            Sontak saya terkejut dengan pernyataan dosen pengajar saya yang mengatakan kalau lagu bangun tidur itu sudah tidak sesuai lagi dengan kehidupan masyarakat modern sekarang. Ya tentu saja, anak mana yang tidak tahu lirik lagu bangun tidur. Mungkin seperti ini singkatnya “bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, habis mandi ku tolong ibu, membersihkan tempat tidurku”.
            Nahh mari kita bahas satu persatu bagian lagu ini. Ketika dinyatakan bangun pagi terus mandi tentunya ini sudah sangat keliru untuk saat ini. Ya rata-rata setelah bangun pagi yang pertama di cari adalah handphone. Kenapa? Mungkin beginilah adanya bahwa handphone sekarang menjadi kebutuhan yang sangat memiliki pengaruh besar bagi manusia. Kebanyakan setelah bangun pagi mereka minimal mencek apakah ada notifikasi yang masuk baik itu berupa pesan singkat, e-mail, atau apa pun itu.

Psikologi Ekonomi



 oleh Auzan Nur Mahdi
Anggota Bidang Produksi LPM Jurnal Kampus

Psikologi dan Ekonomi. Menurut saya, kedua ilmu tersebut sangat menarik untuk dibahas, baik oleh Mahasiswa, Peneliti, sampai Masyarakat pada umumnya. Secara singkat, Psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan kejiwaan manusia. Sedangkan Ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran serta konsumsi barang dan jasa. Keduanya memiliki objek formal yang sama, yaitu manusia. Psikologi Ekonomi sendiri, sebagai satu kesatuan yakni salah satu studi ilmu yang mempelajari suatu hubungan antara karakteristik Psikologi yang terdapat pada individu maupun pada kelompok dalam aktivitas Ekonomi yang dilakukan.

PUISI : Edelweiss


Taken from Artlimited.net

Ribuan kata bahkan tak bisa jelaskan
Seseorang bersama jutaan kasih sayang
Di Sekelilingnya
Terhampar angan angan cantik masa depan

Ajarkanku berbicara
Ajarkanku cara berjalan
Ajarkanku melihat dunia
Keikhlasanmu terpancar terang
Dalam hati yang suci

Jumat, 13 September 2013

Acara Wajib Kader Muda Jurnal Kampus


Haii haiii sahabat JK, kali ini kita akan membahas tentang apa itu Basic Skill of Journalism (BSJ). BSJ adalah kegiatan rutin tahunan yang diadakan LPM - Jurnal Kampus untuk membantu mengembangkan bakat mahasiswa FE Unlam yang tertarik dan memiliki niat serta minat untuk bergabung bersama di LPM-Jurnal Kampus dalam dunia jurnalistik. Acara ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa FE unlam yang berniat menjadi pengurus LPM – Juranal Kampus nantinya.
Sebelumnya kita bahas dulu apasih itu LPM-Jurnal Kampus? Mungkin sebagian dari kalian tahu bahwa LPM-JK adalah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak dibidang jurnalistik. Menurut Anggaran Dasar LPM-JK bahwa “Lembaga Pers Mahasiswa Jurnal Kampus Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat merupakan wadah yang ditujukan sebagai tempat untuk mengembangkan kreatifitas dibidang jurnalistik dalam bentuk lembaga pers mahasiswa, yang bertujuan untuk membentuk paradigma terhadap suatu masalah dan solusinya.” Nah jadi bagi kalian yang ingin memberikan atau mengajukan aspirasi sebagai bagian dari civitas FE unlam, maka kalian bisa bergabung dengan LPM-JK untuk menyuarakan dan memberikan solusi bagi masalah yang sedang terjadi di kampus kita.

Kamis, 12 September 2013

PROSA : Sekuat Dandelion

Tak dianggap atau hanya dianggap sebagai tumbuhan liar. Terlihat sangat rapuh memang. Tetapi sebenarnya dia sangat kuat. Dia akan terbang jika tertiup angin. Tubuhnya memang ringan, sehingga angin sangat mudah untuk menerbangkannya.
Namun, dia tidak pernah mengeluh. Iya, dia tidak pernah benci kepada angin. Dia seakan-akan berterima kasih kepada angin. Karena angin membuatnya lebih kuat. Terbang jauh meski hanya sendirian. Lalu mendarat di tempat yang baru. Tempat yang jauh dari tempat dia berasal. Dia tidak perduli apakah mendarat di tempat tandus, di tepi jalan, atau terjebak di antara semak belukar yang berduri. Dia akan tetap hidup disana. Dimanapun tempat dia singgah.

Rabu, 11 September 2013

Bikin Baju Cosplay Sendiri



 HaChi (Harajuku Community) merupakan komunitas pencinta style harajuku dari jepang. Berawal dari grup pencinta Style Harajuku  di facebook yang kegiatannya hanya sebatas di dunia maya, kemudian diputuskan untuk diadakan gathering pada 18 April 2010 yang merupakan berdirinya komunitas tersebut.
Meski Cuma dihadiri 5 orang, namun saat setiap Minggu mereka rutin mengadakan pertemuan. Selain sharing tentang berbagai macam hal tentang budaya Jepang, mereka juga membuat kostum sendiri untuk berbagai penampilan.
“Kami sering tampil di Banjarmasin dan Banjarbaru dalam acara sekolah-sekolah maupun event. Untuk baju kami membuat sendiri, kami hanya membeli bahan-bahannya saja,” ujar Ketua Hachi, Ahmad Rani Saputra.

Selasa, 10 September 2013

Pentingnya Manajemen Waktu



Oleh : Muhammad Elhami
Dewan Penasehat LPM Jurnal Kampus FE Unlam

Untuk menyeimbangkan berbagai aktivitas yang begitu banyak kita lakukan, sehingga pikiran seseorang menjadi menumpuk mau yang mana dikerjakan terlebih dahulu. Semua ini dialami oleh manusia yang berprofesi sebagai apa saja. Masing-masing mempunyai aktifitas kesendiriannya yang menuntut untuk selalu bersosialisasi, tapi pada hakikatnya kesendirianlah yang ada pada diri manusia. Sendiri dengan berbagai aktivitasnya.

Sebagai mahasiswa misalnya, tak terlepas dai banyaknya aktivitas yang akan dilakukan, mulai dari tugas kuliah, tugas di organisasi bagi mereka yang ikut organisasi, masalah cinta, bahkan masalah keuangan bagi mereka yang merantau jauh-jauh, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua memerlukan tenaga dan waktu yang cukup untuk menjalankan dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

Senin, 09 September 2013

SOSOK : Ingin Terus Sekolah

 Oleh : Tim LPM Jurnal Kampus FE Unlam


Jam dinding menujukkan pukul 14.00. Crew Jurnal Kampus tetap setia menanti diruangan Pembantu Rektor (Purek) III Universitas Lambung Mangkurat. Selama kurang lebih 2 jam menunggu akhirnya orang yang dinanti-nanti datang, crew Jurnal Kampus langsung dipersilakan masuk keruang kerjanya.

Memang bapak yang satu ini terkenal sibuk, disamping kesibukannya sebagai Pembantu Rektor III Unlam, ayah dari 4 orang anak ini juga memiliki kesibukan lainnya yaitu sebagai Ketua Mesjid Miftahs Shalihin dan organisasi kemasyarakatan seperti FK2B (Forum Komunikasi Percepatan Pembangunan Kabupaten Banjar), Ketua Tim Sosial Ekonomi Masyarakat (SEM), dan Tim Dewan Riset Daerah (Deritda). Namun ia selalu semangat dalam menjalankan tugasnya.

Pers Sebagai Sarana Dalam Berkarya

Oleh : Wia Rizqi Amalia
Mahasiswa Jurusan Akuntansi FE Unlam
 
Setiap individu memiliki hak untuk mengeluarkan pendapat yang bersumber dari isi pikiran dan isi hati seseorang, semua itu dapat dituangkan dan digambarkan hanya dengan melalui sebuah tulisan. Melalui tulisan atau pendapat tertulis itulah seseorang dapat mengubah keadaan, entah itu bersifat progress maupun regress. Semua orang dapat mengemukakan ekpresinya melalui tulisan, namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengembangkan suatu pikiran menjadi sebuah tulisan yang kritis dan menggugah orang lain. Tulisan yang baik bersumber dari pemikiran kritis yang dapat menjadi inspirasi orang lain, dan bahkan mengubah pandangan seseorang terhadap suatu fenomena yang terjadi di sekitar kita.
            Sebagai individu yang terdidik, sampailah kita pada masa dewasa awal, dimana kita disebut-sebut sebagai pembawa perubahan yaitu pemuda-pemudi penerus bangsa. Bagi kalangan mahasiswa pemikiran mereka dapat disalurkan melalui Pers, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pers merupakan usaha percetakan dan penerbitan ; medium penyiaran berita (seperti film, majalah, surat kabar, radio, dan televisi). Berdasarkan pentingnya Pers itulah keberadaan organisasi Jurnal Kampus FE Unlam sangat membantu para mahasiswa untuk mengembangkan pikiran mereka.

Minggu, 08 September 2013

PUISI : Menunggu Kematianku


oleh : Dani Mahmoed

Hidup berbatas dari kelahiran sampai kematian
Hidup setelah kematian menjadi awal yang tidak memiliki
Akhir lagi. Jiwa satu-satunya saksi pengorbanan kehidupan
Dunia dan pemegang jalannya. Kehidupan setelah kematian

Tuhan hanya menunggu hasil saja, tidak melihat awal yang
Baik atau buruk. Sudah tidak ada kemauan tuhan untuk
Memperbaiki kehidupan manusia, tidak ada usaha
Manusia untuk menyentuh Tuhan demi perbaikan
Kehidupan manusia. Manusia hanya memikirkan dirinya
Sendiri, tidak ingin melihat tuhan sebagai awal
Kehidupannya dan mencari alasan terbaik untuk
Kemenangan yang tidak ada

Comments System

Disqus Shortname